Skip to main content

Pengaruh Warna Pakaian Bagi Yang Memandang


Gambar By : Pixabay


Secara umum sebuah warna bisa mempengaruhi bagi Psikologi Manusia. Meski tidak semua warna akan tetapi makna sebuah warna begitu kuat bisa membuat manusia menjadikan sesuatu yang menurutnya punya banyak Makna.

Sebagai contoh jika seseorang menggunakan pakaian berwarna merah bisa ia suka dengan warna tersebut, Bisa juga tidak. Kendati demikian faktanya warna tetap berpengaruh bagi kehidupan manusia. Karena penyuka sebuah warna juga tidak selalu identik dengan pakaian saja. Karena sebuah warna tak meski melulu ada pada sebuah pakaian.

Dan sebuah warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.

Naah dibawah ini saya akan mengulas arti sebuah warna pakaian yang dipakai seseorang, meski terkadang bisa menjadi pengaruh bagi setiap orang yang menilainya.


~ 1. WARNA MERAH ~


Merah merupakan warna yang memberikan inspirasi power, energy, kehangatan, cinta, nafsu, dan agresi. Warna merah biasanya dapat memicu tingkat emosional seseorang sekaligus warna yang paling sering menarik perhatian.

Warna merah memiliki efek untuk menstimulasi sebuah perhatian atau ketercapaian, serta merangsang kelenjar adrenal, hingga meningkatkan detak jantung. Sehingga merah biasa digunakan untuk menarik perhatian.

SIFAT POSITIF WARNA MERAH :

Bersemangat..Enerjik..Dinamis..Komunikatif..Aktif..Kegembiraan..Mewah..Cinta..Kekuatan..Percaya diri..Dramatis..Panas..Perjuangan.. Dan khusus merah terang menggambarkan kerasnya cita-cita atau keinginan.

SIFAT NEGATIF WARNA MERAH :

Agresif..Penuntut..Kemarahan..Nafsu dan emosi..Dominasi..Teriakan..Persaingan..Kekerasan..Penolakan/pertentangan.


~ 2. WARNA MAGENTA ~


Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu.

SIFAT WARNA MAGENTA :

Semangat..Kekuatan dan energy..Keseimbangan fisik..Mental..Spiritual ataupun Emosional..Perubahan atau transformasi negatif kearah yang lebih baik.


~ 3. WARNA MERAH MUDA / PINK ~


Merah muda atau Pink dianggap melambangkan cinta dan romantisme merupakan warna yang feminim. Dalam kondisi normal warna ini hampir selalu berkaitan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan cinta, berhubungan dengan perempuan, dan kesan feminim.

SIFAT POSITIF WARNA PINK :

Cinta atau kasih sayang..Romantisme..Ketenangan fisik..Memelihara..Kehangatan..Kewanitaan..Simbol kelangsungan hidup manusia.

SIFAT NEGATIF WARNA PINK :

Kurang bersemangat..Melemahnya energi.


~ 4. WARNA ORANGE ~


Warna orange yang merupakan gabungan antara merah dan kuning. Warna Orange ialah warna yang kuat dan hangat, membuat penggunaan warna ini memberi rasa nyaman. Warna orange kerap digunakan pada tempat-tempat makan atau di lingkungan kerja yang membutuhkan produktivitas.

SIFAT POSITIF WARNA ORANGE :

Kecerian..Ambisi..Energik..Keamanan sensualitas..Sikap yang menyenangkan..Pemicu selera makan seseorang..Keakraban..Keramahan..Rasa nyaman..Interaksi yang bersahabat..Penuh percaya diri..Keramahan..Penuh harapan..Kreativitas..Merangsang emosi.

SIFAT NEGATIF WARNA ORANGE :

Kesan “murah”..Mudah dijangkau..Gaduh..Merangsang perilaku hiperaktif..Perampasan..Frustrasi..Kesembronoan..Kurangnya intelektualisme..Dan ketidak dewasaan.


~ 5. WARNA KUNING ~


Kuning merupakan warna cerah atau ceria yang dapat merangsang otak serta membuat manusia lebih waspada dan tegas. Warna kuning dapat menarik perhatian dikarenakan jumlah cahaya yang terpantul darinya lebih banyak dibandingkan warna-warna lain. Namun tak semenarik perhatian warna merah.

SIFAT POSITIF WARNA KUNING :

Optimis..Percaya diri..Harapan..Kegembiraan..Penuh suka cita..Berenergi..Antusiasme..Makna kekeluargaan dan persahabatan..Keleluasaan..Santai..Spontanitas..Sosial..Mendominasi..Toleran..Rasa ingin tahu..Cita-cita..Harga diri..Ekstraversi..Kekuatan emosional..Keramahan..Kreativitas..Imajinatif..Masa muda..Kedermawanan..Dan semangat yang tinggi.

SIFAT NEGATIF WARNA KUNING :

Berubah-ubah / plin-plan / inkonsisten..Kurang dapat dipercaya..Irasionalitas..Ketakutan..Kerapuhan..Emosional..Depresi..Kecemasan..Bunuh diri.


~ 6. WARNA HIJAU ~


Hijau merupakan warna yang berkaitan dengan alam. Dalam psikologi warna, hijau kerap digunakan untuk membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan. Agar lebih mampu menyeimbangkan dan menenangkan emosinya.

SIFAT POSITIF WARNA HIJAU :

kehidupan..Ketenangan..Rileksasi..Kemudahan..Penyeimbang emosi..Menurunkan stres..Penyembuhan..Empati..Kesegaran..Kesejukan..Beberuntungan..Keuangan..Harmoni..Cinta universal..Istirahat..Pemulihan..Jaminan..Kesadaran..Keamanan..Kedamaian..Keinginan..Ketabahan..Kekerasan hati.

SIFAT NEGATIF WARNA HIJAU :

Menimbulkan rasa terperangkap/tersesat..Kebosanan..Stagnasi..Superior..Ambisi..Keserakahan.


~ 7. WARNA HIJAU TOSCA ~


Dalam psikologi warna, warna tosca atau turquoise adalah warna yang baik untuk membantu konsentrasi. Dapat menenangkan sistem saraf sehingga pikiran menjadi lebih jernih juga percaya diri. Warna tosca cocok digunakan untuk pembicara ataupun untuk anda yang sering bekerja multi-tasking.

SIFAT WARNA HIJAU TOSCA :

keseimbangan emosional..Stabilitas..Ketenangan..Kesabaran..Penyemangat..Penghalau kesepian.


~ 8. WARNA BIRU ~


Penggunaan warna biru yang lebih muda akan memberikan efek kepercayaan yang lebih dominan. Sedangkan warna biru gelap lebih cenderung meningkatkan kesan cerdas pada penggunaannya. Warna biru menjadi salah satu warna yang sering kali dikaitkan dengan dunia bisnis. Khususnya bisnis-bisnis yang mengedepankan keseriusan dalam pekerjaannya.

Dalam ranah desain interior, warna biru sering kali digunakan untuk menciptakan kesan luas, stabil, sejuk, dingin, dan relaksasi pada ruangan.

SIFAT POSITIF WARNA BIRU :

Kepercayaan..Konsistensi..Konsentrasi..Ketenangan..Keyakinan..Keseriusan..Professional.

SIFAT NEGATIF WARNA BIRU :


Kaku..Tidak akrab..Tidak punya ambisi..Keraguan..Dingin..Keras kepala..Bangga diri..Acuh tak acuh..Tak ramah..Kurang empati..

Meski demikian, biru adalah warna yang paling banyak di sukai di dunia.


~ 9. WARNA UNGU ~


Ungu adalah warna yang unik, salah satunya karena jarang ditemukan di alam. Penggunaan warna ini menggambarkan pengharapan yang besar dan kepekaan.

SIFAT POSITIF WARNA UNGU :

Magis..Aura spiritualitas..Misterius..Menarik perhatian..Kekuatan..Imajinasi..Sensitivitas..Obsesif..Ambisius..Martabat..Kebenaran..Kualitas.Independen..Kebijaksanaan..Kesadaran..Visioner..Orisinalitas..Kekayaan dan kemewahan.

SIFAT NEGATIF UNGU :

Kurang teliti..Kesepian..


~ 10. WARNA COKLAT ~


Warna yang menjadi simbol warna Bumi atau biasa juga bersanding dengan warna hijau sebagai warna alam. Warna coklat identik dengan sesuatu yang bersifat natural. warna coklat hampir disamakan dengan warna hitam namun coklat lebih menunjukan kelembutan.

SIFAT POSITIF WARNA COKLAT :

Keseriusan..Kehangatan..Dapat dipercaya..Dukungan..Rasa nyaman dan aman..Kesederhanaan..Matang atau tua..Dapat diandalkan..Elegan..Akrab.

SIFAT NEGATIF WARNA COKLAT :

Tidak berperasaan..Kurang toleran..Menguasai..Berat..Kaku..Malas..Kolot..Dan pesimis.


~ 11. WARNA GOLD EMAS ~


Warna emas sama seperti emas dalam bentuk fisik yang menjadi komoditas berharga dan juga prestise di setiap negara. Warna emas secara sekilas akan serupa dengan warna kuning, sehingga maknanya pun banyak yang sama.

SIFAT POSITIF WARNA EMAS GOLD :

Prestasi..Kesuksesan..Kemewahan..Kemenangan..Kemakmuran..Aktif dan dinamis..

SIFAT NEGATIF WARNA EMAS :

Keangkuhan..Kesombongan.


~ 12. WARNA SILVER ~


Silver adalah bahasa warna yang menunjukkan serupa dengan warna perak. Warna perak merupakan warna yang memiliki kesan sesuai dengan karakter perak.

SIFAT WARNA SILVER :

Glamour..Mahal.

Oleh karenanya produk warna ini biasanya lebih mahal dibanding warna lainnya. Contohnya adalah produk mobil.


~ 13. WARNA PUTIH ~


Bentuk-bentuk minimalis dan simpel biasa dilahirkan dengan penggunaan warna ini. Penggunaan warna putih yang digunakan dengan tepat juga mampu memberikan efek keyakinan akan kualitas yang tidak akan mengecewakan.

SIFAT POSITIF WARNA PUTIH :

Keyakinan..Kesucian/kemurnian..Lemahlembut..Ketepatan..Kebersihan..Luas..Eksotik..Steril..Keaslian..Kemurnian..Kesucian..Ringan..Kepolosan..Efek meredakan rasa nyeri..Kebebasan.

SIFAT NEGATIF WARNA PUTIH :

Rasa sakit kepala..Kelelahan..Dingin..Terisolasi..

Di beberapa daerah putih melambangkan kematian.


~ 14. WARNA ABU-ABU ~


Abu-abu adalah Sebuah warna campuran antara warna hitam dan putih ini kerap kali digunakan sebagai “penetral”.

SIFAT POSITIF WARNA ABU-ABU :

Keseriusan..Kemandirian..Keluasan..Abstrak atau tidak menyatakan tujuan dengan jelas..Stabil..Netral atau tidak memihak..Bertanggung jawab.

SIFAT NEGATIF WARNA ABU-ABU :

Tidak komunikatif..Membosankan..Kurang percaya diri..Kelembapan..Depresi..Hibernasi..Dan kekurangan energi.


~ 15. WARNA HITAM ~


Walaupun para ahli mengatakan bahwa hitam adalah bukan warna, namun kita harus sepakat terlebih dahulu kita membahas Hitam adalah warna.

SIFAT POSITIF WARNA HITAM :

Kekuatan..Percaya diri..Glamor..Keamanan..Emosional..Efisiensi..Substansi..Maskulin..Keabadian..Sifat dramatis..Melindungi..Kemisteriusan..Klasik..Elit..Keanggunan..Mempesona..Keteguhan.

SIFAT NEGATIF WARNA HITAM :

Kematian..Kegelapan..Suram..Menakutkan..Tertekan..Hampa..Kebinasaan..Kerusakan..Duka..Kemurungan..Kepunahan..Ketakutan..Kesedihan..Putus asa.

Begitulah sebuah warna yang dapat mempengaruhi semua unsur meski dipandang dari sudut yang berbeda warna tetap selalu akan punya kesan tersendiri. Naah bagaimana dengan anda suka warna apa.



Sumber : Psyline.id


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~

Comments

  1. warna merah ini memang identik dengan arti nafsu sih wkwkwk

    tapi aku lebih prefer ke biru sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas aku juga suka warna biru..😊😊

      Delete
    2. woo mantep dong, kita sejiwa haha

      Delete
    3. Berarti kang intan dan kang Satria cocok, udah jadian saja.🤣

      Delete
  2. Klo untuk baju aku suka perpaduan biru putih, atau hijau putih, atau hitam polos, atau silver polos dan juga suka coklat jadi kalau laper bajunya bisa dibuat cemilan 🤣

    Agak kurang jelas aku suka warna apa, untuk hp aku suka warna putih, untuk baju aku suka dominan biru, untuk bibir aku suka yg merah, untuk blog aku suka biru putih, untuk air aku suka kopi hitam, entahlah 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naahh berarti ente lebih dominan kewarna hitam dan putih Huu..😊😊

      Kalau warna janda suka nggaj Huu..🤣🤣🤣

      Delete
    2. Warna janda yg kyk gimana ya 🤣🤣

      Delete
  3. aku suka warna pink...lalu merah...lalu oranye lalu kuning daaaaaaaan unguuuuuw ahaha

    tapi ter palibg paling paliiing suka pink dan merah...cerah dan bikin moodku bagus xixi

    hampir semua krudung aku pink...baju juga hahaaa

    baju merah aku juga suka..ku merasa jadi bersemangat kalau pakai atribut merah membara hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waawww berapa warna tuh mbul.
      Hampir 6 warna yaa.😊😊 Lalu yang dominan apa mbul atau paling dusukai..😊😊


      Berarti dominannya merah atau pink lebih utama..😊😊

      Yaa2...Merah memang membara dan bikin kita tetap semangat.😊😊

      Delete
    2. Kirain aku mbak mbul sukanya warna putih, soalnya pas buat nongkrong di pohon.😁

      Delete
    3. Eyaampyun aku nangkring di pohon mas agus, lah uke du k,, uketiii wkwkwkkw

      Iya tapi aku juga suka putih juga, asal abis pake baju putih ga mainan lempung wakakakakak

      Delete
  4. baru sadar lagunya mandy moore lagu yang aku suka hahahhahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeheee!!..Kan luh udah gw kasih scrif lagunye..😊😊

      Delete
  5. Kalo pakaian aku ngga punya warna favorit, hampir semua warna suka tapi jarang pakai warna putih soalnya cepat kotor.

    Nah, kalo duit aku sukanya warna merah kang.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beeehhhaaaa suueeee.. Gw juga suka warna merah kalau duit..🤣🤣🤣

      Delete
    2. Ku juga suka piti warna meraaaahhh

      Delete
  6. Aku tuh kalo untuk warna favorit sbnrnya ungu mas. Tapiiii aku tau kalo ungu ga cocok buat dipakai dalam bntuk pakaian di aku . Krn kulitku gelap, malah bikin kusam jadinya.

    Makanya utk pakaian aku paliiiiing suka warna merah. Merah apapun, yg terang atopun gelap. Kalo udh pake merah, aku lgs ngerasa confident naik. Syukurnya lagi pas msh kantor, merah itu identik Ama simbol kantor :D. Jd seragam staff di cabang itu merah juga. Aku seneng jadinya :D

    Dan warna yg paling aku benci itu putih. Ga pernah cocok pake itu. Aku jd kliatan main gelap. Aku LBH milih wrna hitam, walopun ga suka juga. Tp setidaknya hitam bikin kesan langsing hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku ungu juga suka sih.😊 Cuma kalau untuk baju yaa sama tidak suka juga.🤣🤣 Kalau cewek Gemini ungu bercorak-corak lebih bagus.😊😊


      Kalau untuk pakaian sih pastinya hampir setiap orang berubah dari warna Favoritnya kebanyakan mbak...😊😊 Contoh aku suka warna hijau...Tetapi untuk pakaian jarang aku mau pakai hijau...Lebih suka hitam, Biru, abu2..😊😊

      Iyaa sama orang Gemini memang anti putih rata2 ...Aku juga nggak suka putih.😊😊

      Tapi kamu cocok Fans pakai baju hitam, Merah, Biru, dan abu2..😊😊

      Delete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Cerpen : Cermin Kematian

~CERPEN : Cermin~Kematian~ Malam semakin larut Manda masih berdiri didepan cermin besar yang ada dikamarnya, dadanya berdesir, Manda takjub melihat wajahnya sendiri di cermin. Serupa benar dengan wajah seorang putri, katanya dalam hati. Ya, kau memang cantik, Manda. Wajahnya tersipu mendengar pujian itu. Pipinya merona. Merah muda. Ia tersihir oleh bayangannya sendiri. Bayangan ketika ia masih berada pada masa empat puluh tahun lalu. Wajahnya cerah, berseri-seri. Setengah terpana melihat kecantikannya sendiri. Rambutnya panjang, berwarna hitam kecokelatan, berkilat, bergelung seolah ombak. Dahinya licin. Matanya bulat, berbinar-binar. Hitam pekat seperti langit malam. Dikedip-kedipkannya matanya, hingga ia perhatikan bulu matanya yang tebal dan lentik. Tebal serupa alisnya yang melengkung menaungi sepasang matanya yang indah itu. Diturutkannya telunjuknya, dari hulu hingga muara alisnya. Cantik sekali dirimu, Manda membatin. Ya, kau memang cantik, Manda. Hidungnya,

Li-Fi Teknologi Pengganti WI-FI

Hallo sobat blogger gimana nih masih pada semangat ngeblog? Atau udah pada ogah-ogahan.😁😁😂 Karena adsense sepi, yaa apapun itu kita harus tetap bersyukur, meski adsense sepi masih banyak rezeki yang lainnya iyaa nggak.😊 Ok kita langsung saja ketopik pembahasan tentang teknologi Lifi yang katanya nantinya akan menggatikan Wifi, Dan Menurut rumor yang beredar Lifi lebih hebat dan cepat ketimbang Wifi. Seperti apa berikut penjelasannya dibawah ini.👇 Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya? Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda pe

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara