Skip to main content

Blok-M Mall Kini Tak Menarik & Seindah Dulu Lagi


Sumber Gambar By : Ipp.co.id


BLOK-M siapa yang tak tahu jika anda merasa tinggal dikawasan Jabodetabek... Tempat tongkrongan ngetrend yang berada dibilangan Jakarta Selatan ini cukup banyak orang yang merasa bangga jika sudah kesana, Terlebih sambil berbelanja dan mejeng.😊😊

BLOK-M .... BAKAL LOKASI MEJENG Begitu kepanjangannya. Dan ada sebuah film era 80,an yang berjudul Blok-M. Karena sejak era 80,an sampai 90,an meski boleh dikatakan punya kesan jadul tetapi kala itu Blok-M pun sudah menjadi tempat Favorit bagi sebagian warga Jakarta. Makanya ada istilah jangan pernah ngaku anak Jakarta jika belum pernah mejeng di Blok-M. Dan sebutan untuk Blok-M seolah menjadi satu kebanggaan bagi yang orang yang sering hilir mudik dikawasan tersebut.

Bahkan saya pribadi menganggap Blok-M juga suatu tempat yang begitu menyenangkan dalam hal yang namanya mejeng. Kala saya masih berseragam abu-abu, Blok-M sudah jadi tempat Favorit untuk mencari buku, Baju, sepatu hingga urusan asmara dan tawuran. Seiring waktu yang terus berjalan kawasan Blok-M pun semakin padat dan banyak dikunjungi orang tak hanya dari Jabodetabek saja, Bahkan dari berbagai daerah entah untuk berbisnis atau mencari sebuah pekerjaan dan berdagang. Tak heran semua kendaraan umum semua jurusan lengkap tersedia di terminal Blok-m.

Karena termasuk tempat Favorit yang berada dikawasan Jakarta Selatan dan seiring perkembangan zaman kawasan Blok-M pun makin memperbayak yang namanya pusat perbelanjaan dari yang namanya Mall Pasar-Raya, Blok-M plaza Hingga Blok-M mall. Dari ketiga nama tersebut Blok-M mall lah yang lebih mendominisasi dari pusat perbelanjaan dua diatas..Karena Blok-M mall lebih menjanjikan, Terlebih untuk kalangan menengah kebawah. Karena dahulu yang saya tahu Blok-M mall paling banyak dan padat dikunjungi pembeli serta para pengunjung ketimbang Blok-M plaza atau Pasar Raya yang bersebelahan dengan Blok-mall.




Sejarah Blok-M mall, Adalah mall yang unik karena terletak di bawah Terminal Bus Blok M dan dipadukan dengan taman kota. Mal yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta (Bapak Wiyogo Atmodarminto) pada tanggal 3 Oktober 1992 ini berada di sentra bisnis Jakarta Selatan dengan luas lahan 3,5 hektar dan dibangun berdasarkan program kerjasama BOT dengan Pemda DKI Jakarta. Seluruh konsep disain maupun pelaksanaan pembangunannya dikerjakan oleh putra-putri Indonesia.

Sejak tahun 2005 fasilitas Terminal Blok M semakin lengkap dengan mulai dioperasikannya Bus Transjakarta oleh Pemda DKI Jakarta, di mana Terminal Blok M merupakan tujuan awal dan akhir dari rute Bus Transjakarta koridor I (Blok M – Kota).

Tidak kurang dari 150.000 penumpang per hari menggunakan fasilitas bus di Terminal Blok M dan sebagian besar penumpang mengunjungi Mal yang unik ini setiap harinya.




Namun siapa sangka sesuatu antara tahun 2017 sampai 2018 seramai-ramainya Blok-mall, Yang katanya menjadi tempat Favorit trend anak muda Jakarta, Semakin lama semakin meredup. Dan atas kejadian berimbas pada para pelaku bisnis dikawasan Blok-mall itu sendiri...Beberapa toko ada yang mulai menutup usahanya atau pindah ketempat lain.

Selain itu kehadiran busway pun sempat membuat pro dan kontra antara pengemudi angkutan umum dari bus tanggung seperti metromini, Kopaja dan bus-bus besar lainnya. Bukan hanya busway saja yang membuat kendaraan seperti metromini dan kopaja harus bersaing ketat. Pelarangan terhadap bus-bus tanggung yang tak layak jalanpun semakin diperketat pada masa era gubernur Bazuki Cahaya Purnama ( Ahok ) Yang berimbas pada bus metromini dan kopaja. Sampai pada akhirnya semakin jarangnya bus tanggung seperti metromini dan kopaja jarang ditemui diarea terminal Blok-M. Seandainya ada armadanya tak sebanyak dulu dan penumpang yang ingin menuju kawasan Blok-M harus rela menunggu lama. Bahkan sebagian beralih menggunakan busway.

Blok-M mall mencoba bertahan dengan keadaan itu semua. Sampai pada akhir era 2019 hingga 2020 semuanya tetap tidak membawa perubahan yang berarti. Terlebih ditambah Pademi Covid 19 yang melanda Indonesia Blok-M mall pun semakin sepi pengunjung, Lebih dari 10 toko atau tempat usaha banyak yang gulung tikar. Dan hari demi hari kawasan Blok-M mall tak ubahnya seperti sebuah mall yang mati. Hanya beberapa toko saja yang nampak buka, Tak hanya Blok-M mall, Mall lainnya yang bersebelahan dengannya pun hampir sama, semuanya kebagian merasakan imbas dari Covid 19 yang melanda hampir seluruh kawasan Jakarta.

Tak ubahnya seperti Blok-M mall kawasan terminal Blok-M pun tak jauh berbeda hanya ada busway dan ojek online saja. Selebihnya kendaraan umum lainnya hanya sesekali saja memasuki kawasan terminal, Dan tak banyak pula penumpang yang menaikinya. Semuanya telah berubah Blok-M mall dan Mall lainnya yang berada dikawasan tersebut kini tak semenarik dulu lagi. Jika dulu banyak yang mengatakan tempat paling bergengsi untuk mejeng dikawasan Selatan Jakarta, Namun Kini orang hanya biasa saja jika mendengar kata Blok-M, Atau Blok-M mall.

Naah anda warga Jakarta, Atau tinggal disekitaran Jabodetabek tentunya punya dong kisah menarik tentang Blok-M atau Blok-M maall. Baik jika anda mau boleh dong berbagi cerita pada kolom komentar dibawah ini.



Sumber : Pengamatan pribadi & Ipp.co.id


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~

Comments

  1. saya suka bingung kalo ke sini, ketemunya cmn terminal mulu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terminal bang lha wong mallnya ada dibawah kok..🤣🤣

      Delete
  2. Denger-denger, sekarang kios-kios kecil di bawah terminal blok M sudah tidak serame dulu karena banyak yang gulung tikar.
    Benarkah begitu, mas ?.

    Dulu kawasan blok M ini juga lokasi mangkalku, *eh salaaah ... Hahaha ..., maksudku lokasi hang-out bareng teman-teman, selain Kemang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa betul mas Blok-M sekarang nggak semecing dulu lagi..😁😁


      Wwuuaahaaaa!!...Dulu mangkal sama siapa mas...Sama mas Agus dan mbak Kun yaa DiLamer Blok-M Plaza..🤣🤣🤣

      Delete
    2. Wuah, eman-eman ya sebenarnya kok sekarang jadi sepi begitu undergroundnya ...
      Padahal kan disitu dulu banyak kios jual celana jeans murah-murah.
      Juga banyak pedagang jajanan di dekat tangga naik & turunnya

      Mangkalnya ngga di lamou merah blik M plaza, maas ..
      Tapi di lintas Melawai dong yaa.
      Kan elitan sana ..
      [Biar nambah gosip biar cepat tenar wwkkkk ��]

      Delete
  3. jyaaaaah mall kesayangan aku murah meriah redho klo ke sini kang, cari buku bekas biasa huehehhe

    ya amplop aku baru tau kepanjangannya itu toh bakal lokasi mejeng, oalaaah selama ini ga tau

    dan yeppp tau banget filmnya blok m yang diperankan desi ratnasari dan nike ardila n paramita apa ya...pokoknya seingat aku ada desy ratnasarinya

    dan naik di terminal blok m aku sering bingung nyelip nyelip pagernya gimana hahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbul dulu juga sering aku ke Blok-M mall cuma cari buku doang..😊


      Iyaa Blok-M ( Bakal Lokasi Mejeng )..Kepanjangan Itu terinspirasi dari film Blok-M Betul Film era 90,an yang diperankan oleh Paramitha Rusady & Nike Ardila.😊😊

      Lihat Jalurnya mbul kan setiap jalur ada jurusan busnya...Kaya jalur 1 sampai 6 ..😊

      Delete
    2. wudihhh ternyata lagu yg diputer lagu kesukaanku nih..mbul gonzaga wkwkkk

      blok m meski udah tak sebersinar dulu tapi menurutku aku ga bisa lupakan kenangannya...soalnya masih terkesan jadoelnya tatkala menyusuri tangga lantai basement dan berada di lsutan komik komik dan buku bekas favoritku...dulu mah pas masih gadis ya tongkronganku di sono noh, pulang pulang naik baswe eee kresek isinya komik semua bhehhahahahahhaha

      Delete
    3. Betul gw juga banyak kenangan di Kawasan Blok-M mbul..Meski sekarang tak lagi menarik Blok-M tetap enak untuk dikenang terutama saat masih sama si Anu..🤫🤭

      Delete
    4. gw juga dong asyik asyikan sama si anu hahaaa

      Delete
  4. aduh masuk ke sini malah gagal fokus sama musiknya nih :D asik, enjoy

    jadi bingung mau komen apaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Joged saja mas intan sambil bermusik Ria..🤣🤣

      Delete
  5. Tahun 90an dan awal-awal tahun 2000 blok m mall masih jadi tempat untuk nongkrong dan belanja tapi sekarang di mana-mana sudah banyak dibangun mall dan blok m ngga lagi jadi tempat favorit buat nongkrong atau belanja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Huu...Malah enakan nongkrong dirumah Janda yaa Huu...Sungkem Hu..🙏🙏

      Delete
  6. Waktu ibuku jualan warteg di daerah Jakarta Selatan kadang mampir ke blok m karena lumayan dekat kalo lagi liburan sekolah.

    Yang aku ingat itu ada orang jualan baju di obral kang. Harganya murah, dari yang tadinya 20 ribu turun jadi 15 ribu, terus masih sedikit yang beli diturunkan lagi jadi 10 ribu, mulai banyak yang beli. Eh masih diturunkan lagi jadi 7 ribu. Orang mulai pada borong, masih turun lagi jadi 5 ribu. Orang pada nahan dulu barangkali turun lagi jadi 3 ribu. Eh ternyata malah naik lagi jadi 20 ribu.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang posisi wartegnya dimana kang...😊😊


      Beeehaaaa!...Itu mah pedagang Baju Suuueeee..🤣🤣🤣

      Delete
    2. aku tau pasti daerah hunung sahariiii

      Delete
    3. Mas Agus, emangnya ada diskon yang modelnya seperti itu?

      Delete
    4. Mungkin salah makan ...Atau mangkal diLamer sepi..🤣😋😋😋

      Delete
    5. Ada, tahun 1990an tapi ngga ingat zaman berapa, yang jelas presiden nya masih pak Harto. 😃

      Delete
    6. Jadi bajunya di taruh di lapak gitu, terus pedagangnya teriak teriak biar orang pada mampir dan beli.😁

      Delete
  7. Hi Kak Satria! Lia di sini hahaha 🙈
    Aku belum pernah main ke mal Blok M nihh. Jarang sekali main-main ke daerah Blok M sebab jauh dari rumahku.
    Kak Satria nggak mau ajakin aku ke sana nih? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo juga Liaa..Yuuks! Kita jalan2 ke Blok-M.😊 Biarin sepi juga nggak apa2..🤣🤣

      Delete
  8. Umur ku udh 38, dan baru skr tau kalo kepanjangan blok m: bakal lokasi mejeng wkwkwkkwkwkwkw... Ya Allah kemana ajaaa diriku. :p. Kirain artinya ga ada. Cm blok2 biasam kalo gitu kepanjangan Blok S apa mas :p. Bakal lokasi shopping hahahahah. Tp kan yg ada tempat makan di sana :p

    Ini mall bisa diitung pake 1 tanagn aku berapa kali kesana. Yg paling keinget sekali pacaran Ama pak suami ke blok m. Tp ga terlalu berkesan. Jujurnya mallnya g menarik memang :p. Mana jauh bgt kalo dr Rawamangun :p.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahaaa..Tahu nih kemana aja nih mbak Fans..🤣🤣

      BLOK S ( Bakal Lokasi Syuting atau Shopping ) Cuma Kalau BLOK S Nggak sengetrend Blok-M dulunya Jadi kurang Familiar gitu deh..😊😊 Padahal di Blok-S sekarang hampir setara dengan Blok-M..😊

      Yaa betul nggak terlalu menarik memang, Karena mbak Fans mungkin waktu ke Blok-M waktu era tahun 2011 keatas...yang mana nama Blok-M sudah hal biasa bagi warga Jabodetabek.😊😊

      RM & Blok-M nggak jauh mbak...Cuma maaceettnya yang nggak nahan..🤣🤣🤣

      Delete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Cerpen : Cermin Kematian

~CERPEN : Cermin~Kematian~ Malam semakin larut Manda masih berdiri didepan cermin besar yang ada dikamarnya, dadanya berdesir, Manda takjub melihat wajahnya sendiri di cermin. Serupa benar dengan wajah seorang putri, katanya dalam hati. Ya, kau memang cantik, Manda. Wajahnya tersipu mendengar pujian itu. Pipinya merona. Merah muda. Ia tersihir oleh bayangannya sendiri. Bayangan ketika ia masih berada pada masa empat puluh tahun lalu. Wajahnya cerah, berseri-seri. Setengah terpana melihat kecantikannya sendiri. Rambutnya panjang, berwarna hitam kecokelatan, berkilat, bergelung seolah ombak. Dahinya licin. Matanya bulat, berbinar-binar. Hitam pekat seperti langit malam. Dikedip-kedipkannya matanya, hingga ia perhatikan bulu matanya yang tebal dan lentik. Tebal serupa alisnya yang melengkung menaungi sepasang matanya yang indah itu. Diturutkannya telunjuknya, dari hulu hingga muara alisnya. Cantik sekali dirimu, Manda membatin. Ya, kau memang cantik, Manda. Hidungnya,

Li-Fi Teknologi Pengganti WI-FI

Hallo sobat blogger gimana nih masih pada semangat ngeblog? Atau udah pada ogah-ogahan.😁😁😂 Karena adsense sepi, yaa apapun itu kita harus tetap bersyukur, meski adsense sepi masih banyak rezeki yang lainnya iyaa nggak.😊 Ok kita langsung saja ketopik pembahasan tentang teknologi Lifi yang katanya nantinya akan menggatikan Wifi, Dan Menurut rumor yang beredar Lifi lebih hebat dan cepat ketimbang Wifi. Seperti apa berikut penjelasannya dibawah ini.👇 Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya? Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda pe

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara