Skip to main content

Koran Bacaan Yang Kini Semakin Langka



Saat santai sore dan hendak olahraga sepeda saya ditegur seseorang sayapun sempat bingung, Tetapi setelah saya teliti kembali ternyata beliau adalah pak Iwan, Pedagang koran langganan saya sewaktu dulu media surat kabar memang masih dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat indonesia. Untuk menjadi sumber bacaan atau mencari sesuatu, Contohnya memasang iklan, Mencari lowongan pekerjaan dll. Berbeda dengan sekarang media surat kabar koran seolah sudah tergusur oleh yang namanya smartphone. Dan dengan smartphone apa yang kita cari memang sudah melebihi dari media surat kabar yang bernama koran.

"Jadi pak iwan sudah tidak berjualan koran lagi nih"....Tanya saya santai.

"Yaa sudah tidak lagi mas Satria, Lhaa mas Satria sendiri sudah hampir satu tahun tidak berlangganan lagi. Yaa karena penjualan sepi sekarang saya lebih memilih ngewarung mas"...Balas pak iwan.

"Benar juga yaa pak, Perubahan zaman semua berganti dengan teknologi digital yaa pak".

"Iya mas Satria lha wong dipaksain juga percuma, Koran masih ada cuma membelinya saja yang agak sulit sekarang ini".

Sayapun mengangguk dan benar apa yang dikatakan pak Iwan. Sebenarnya yaa koran masih ada tapi boleh dikatakan memang cukup langkah sekarang ini jika mencarinya. Akhirnya obrolan sayapun berakhir, Saya segera berlalu melakukan aktifitas olahraga sepeda, Sedang pak Iwan pun berlalu menuju kesatu tempat guna memenuhi kebutuhan warungnya.

Bicara soal koran dahulu media surat kabar tersebut mampu menjadi sebagai jembatan untuk membuat orang menuju kesuksessan. Yaa contoh sederhana jika kita membaca sebuah iklan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang kita, Bukan tidak mungkin kitapun melamar pekerjaan tersebut dan berharap perusahaan yang kita datangi mau menerima kita sebagai karyawan atau pegawai.

Tak hanya itu dengan membaca sebuah koran kita juga banyak mendapat banyak wawasan serta ilmu pengetahuan yang luas. Karena jenis koran bervariasi sebagai contoh.

1. KORAN POS KOTA ... Sebuah surat kabar yang ngetrend dikawasan Jabodetabek ini selalu menghadirkan berita-berita kriminal ibukota. Selain itu koran pos kota juga menyediakan bacaan cerita-cerita menarik. Ada juga TTS, Produk iklan, Serta lowongan pekerjaan dan masih banyak lagi bacaan menarik dari koran itu sendiri.

2. KORAN KOMPAS ... Ketimbang pos kota, Koran Kompas ini dulu era 90,an termasuk bacaan bergengsi bagi kalangan menengah keatas. Namun jika dilihat dari penjualan memang koran pos kotalah yang lebih mendominisasi. Karena banyak yang bilang koran pos kota itu bacaan untuk rakyat kalangan menengah kebawah kala itu.

Apa bedanya koran kompas dan koran pos kota...Sebenarnya hampir sama cuma Koran kompas lebih mengedepankan berita dunia, Selain itu lembarannya juga cukup banyak hampir 8 lembar kalau tidak salah waktu era 90,an. Namun seiring waktu yang berjalan karena harga kertas yang terus melonjak tinggi, Baik koran kompas dan pos kota mengurangi jumlah lembarannya.

3. KORAN MEDIA INDONESIA ... Hampir sama dengan koran kompas, Koran media indonesia ini juga selalu menghadirkan berita-berita dunia. Meski kalau dilihat dari isi bacaannya yaa cuma 11.12 sih dari koran kompas jadi intinya koran kompas dan media indonesia cuma masalah selera saja.

Naah itulah 3 harian surat kabar ibukota yang pernah ngetrend pada era 90,an. Selain koran ada juga lho bacaan sejenisnya, Yaitu Tabloid dan namanya bermacam-macam sebagai contoh Tabloid Citra, Tabloid Nova, Tabloid Populer dan masih banyak lagi berbeda dengan koran, Tabloid ini lebih mengedepankan trend gaya Fashion, Kuliner, Kecantikan, Cerpen, Kesehatan dan ruang curhat. Boleh dikatakan dulu tabloid masuk katagori bacaan kaula muda atau mahasiswa yang ingin punya bacaan lebih dari yang namanya koran.


~ APA MANFAAT KORAN BEKAS ~

Koran jika sudah lewat satu hari biasanya masuk katagori bekas, Meski masih tetap enak untuk dibaca. Apapun jenis korannya.

MANFAATNYA ... Sangat banyak, Contoh sederhana bisa untuk membungkus aneka jenis barang atau prabotan, Sebagai sarap untuk almari baju atau lemari pajangan, Bisa juga jadi tatakan jika anda mengecat tembok rumah agar lantai rumah anda tidak blepotan cat, Yang tercecer dari tembok yang sedang anda cat. Dan masih banyak sih sebenarnya manfaat dari koran bekas. Bahkan jika anda sering berlangganan koran bulanan dalam setahun pastinya rumah anda banyak tumpukan koran-koran bekas. Jika anda bawa kelapak-lapak atau penampung koran bekas tentunya akan jadi uang.

APA MUNGKIN SEKARANG ORANG MASIH MEMBUTUHKAN YANG NAMANYA KORAN ... Bisa iya, Bisa tidak...Kenapa karena kebanyakan untuk sekarang ini orang mencari koran mungkin bukan untuk dibaca, Tetapi untuk sarana lain bisa juga untuk membungkus atau keperluan lainnya. Karena meski dari kertas banyak manfaat dari yang namanya koran. Walau kini keberadaannya boleh dikatakan antara ada dan tiada.

Naah itulah sedikit ulasan tentang nama media surat kabar yang bernama koran yang ada di ibukota. Dan setiap daerah biasanya punya nama koran tersendiri baik apapun namanya bagi anda yang punya cerita tentang koran didaerah anda Apapun nama korannya boleh dong berbagi cerita dengan saya dikolom komentar dibawah ini.



~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~

Comments

  1. Nah, dua koran yang disebutkan terakhir tuh dulu tiap sabtu dan minggu wajib kubeli ...karena .. tebaaal halamannya, hahaha.

    Selain banyak artikel hiburan dan edukatif yang asik dibaca, lumayanlah nantinya dikiloin setelah dikumpulin sekian lama, wwkkk.
    Nambah buat uang jajan bakso :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahaaa betul mas...Apapun bentuk korannya jika sudah bekas banyak juga yaa manfaatnya..😊😊

      Delete
  2. Setuju kang, sekarang orang masih nyari koran contohnya saya, tapi bukan buat dibaca tapi buat bungkus nasi.

    Jadi ingat, dulu sering beli koran pos kota biarpun tidak langganan, selain itu juga beli tabloid Bola dan Tabloid Pulsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul kang meski sudah era digital masih banyak orang yang mencari koran...Tetapi untuk hal lain yaa..😊😊

      Delete
  3. Yaa, bener sih. Orang udah mulai jarang baca koran, enakan baca berita dari hp. Langsung muncul, lebih praktis.
    Sama seperti tv sih, perlahan mulai ditinggalkan. Aku jg sdh lama tidak menonton tv. Di rumah pun, tv jg udah disimpan. Hahaha
    Oh yaa btw, sedikit saran. Harusnya, "langka", bukan "langkah" mas. Artinya jd berbeda hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul banget Doo..

      Iyaa ada Typo juga yaa Do2..Kelebihan H...🤣🤣🤣

      Thanks atas koreksinya..🤣🤣

      Delete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Cerpen : Cermin Kematian

~CERPEN : Cermin~Kematian~ Malam semakin larut Manda masih berdiri didepan cermin besar yang ada dikamarnya, dadanya berdesir, Manda takjub melihat wajahnya sendiri di cermin. Serupa benar dengan wajah seorang putri, katanya dalam hati. Ya, kau memang cantik, Manda. Wajahnya tersipu mendengar pujian itu. Pipinya merona. Merah muda. Ia tersihir oleh bayangannya sendiri. Bayangan ketika ia masih berada pada masa empat puluh tahun lalu. Wajahnya cerah, berseri-seri. Setengah terpana melihat kecantikannya sendiri. Rambutnya panjang, berwarna hitam kecokelatan, berkilat, bergelung seolah ombak. Dahinya licin. Matanya bulat, berbinar-binar. Hitam pekat seperti langit malam. Dikedip-kedipkannya matanya, hingga ia perhatikan bulu matanya yang tebal dan lentik. Tebal serupa alisnya yang melengkung menaungi sepasang matanya yang indah itu. Diturutkannya telunjuknya, dari hulu hingga muara alisnya. Cantik sekali dirimu, Manda membatin. Ya, kau memang cantik, Manda. Hidungnya,

Li-Fi Teknologi Pengganti WI-FI

Hallo sobat blogger gimana nih masih pada semangat ngeblog? Atau udah pada ogah-ogahan.😁😁😂 Karena adsense sepi, yaa apapun itu kita harus tetap bersyukur, meski adsense sepi masih banyak rezeki yang lainnya iyaa nggak.😊 Ok kita langsung saja ketopik pembahasan tentang teknologi Lifi yang katanya nantinya akan menggatikan Wifi, Dan Menurut rumor yang beredar Lifi lebih hebat dan cepat ketimbang Wifi. Seperti apa berikut penjelasannya dibawah ini.👇 Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya? Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda pe

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara