Skip to main content

1910 Langitmu Saksi Kelabu



Judul diatas anda akan mengira bahwa ini sebuah cerpen atau kisah nyata. Untuk cerpen mungkin bukan, Tetapi kalau kisah nyata yaa...Pastinya anda sudah tahu bukan kisah tragedi bintaro yang terjadi pada tanggal 19 Oktober 1987. Karena apa inilah sejarah kecelakaan kereta api terbesar bahkan sempat menjadi sorotan dunia. Dan kejadian ini yang pertama, Kenapa karena tragedi bintaro ada versi yang keduanya yaitu antara kereta api dan mobil tangki pertamina. Namun yang saya akan bahas ia tragendi bintaro 1, Antara KA 225 vs. KA 220.

Kejadian ini terjadi sudah hampir 33 tahun lamanya dan karena ini berhubung bulan oktober saya ingin mengenangnya kembali. Karena sewaktu musibah itu terjadi saya masih SD ( sekolah dasar ) Hingga pada tahun 1989 saya ingin sekali yang namanya tahu dan ingin sekali naik kereta api. Karena menurut saya kalau yang namanya naik kereta api pasti seru dan jarak yang ditempuh begitu jauh. Padahal tidak juga sih.๐Ÿคฃ ๐Ÿคฃ Maklum namanya juga anak SD.๐Ÿ˜Š

Lalu atas kejadian itu saya sering diceritakan oleh orang tua tentang kejadian kecelakaan kereta api bintaro, Atau orang lebih sering menyebutnya tragedi bintaro. Bahkan atas kejadian pilu ini dibuatlah sebuah film yang berjudul 'Tragedi Bintaro'. Bahkan musisi legendaris Iwan Fals pun pernah membuat sebuah lagu yang berjudul 1910 yang mengisahkan tentang tragedi bintaro yang cukup menyayat kalbu, Begitu kata bang Iwan kala itu.




Kecelakaan yang melibatkan dua buah kereta api di daerah Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan, pada tanggal 19 Oktober 1987 yang merupakan musibah terburuk dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Peristiwa ini juga menyita perhatian publik dunia. Dalam kecelakaan ini, rangkaian kereta api Patas Merak jurusan Tanah Abangโ€“Merak yang berangkat dari Stasiun Kebayoran (KA 220) bertabrakan dengan kereta api Lokal Rangkas jurusan Rangkasbitungโ€“Jakarta Kota (KA 225) yang berangkat dari Stasiun Sudimara. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu kecelakaan paling buruk dalam sejarah transportasi di Indonesia dengan mencatatkan 139 tewas dan 254 orang lainnya luka berat. Proses evakuasi penumpang kereta api menjadi tantangan mengingat kerasnya tabrakan head-to-head.

Penyelidikan setelah kejadian menunjukkan adanya kelalaian petugas Stasiun Sudimara yang memberikan sinyal aman bagi kereta api dari arah Rangkasbitung, padahal tidak ada pernyataan aman dari Stasiun Kebayoran. Hal ini dilakukan karena tidak ada jalur yang kosong di Stasiun Sudimara.

BY : WIKIPEDIA.




Dan atas kejadian itu berbagai spekulasi dan tanda tanya besar selalu riuh bernyanyi, Entah mana yang benar dan siapa yang salah. Tidak tahu karena nyawa dan keselamatan korban lebih penting ketimbang hal itu. Meski atas kejadian itu banyak juga pemanfaatan atau kesempatan demi mendapatkan keuntungan semata. Perhitungan jumlah korban tewas pun tidak sama, Jika menurut wikipedia 139 orang situs lain ada yang menjelaskan lebih dari itu. Yaa intinya dalam hal ini korban meninggal lebih dari 200 orang, Kemungkinan bisa lebih. Namun atas kejadian ini dunia perkeretaapian Indonesia punya cap negatif kala itu. Meski perubahan-perubahan terus dilakukan yang namanya kecelakaan kereta api masih saja sering terjadi hingga sekarang.

Padahal sebelum kejadian tragedi bintaro kecelakaan kereta api terdasyhat pernah terjadi didaerah depok, Tepatnya di Ratu jaya pada tahun 1968. Bahkan sampai dua kali yaitu tahun 1993 ditempat yang sama. Apakah dunia perkeretaapian tidak mau belajar dari semua ini. Saya tidak tahu. Saya hanya berharap semoga dunia perkeretaapian Indonesia menjadi semakin lebih baik diera sekarang dan mendatang. Dan biarlah tragedi bintaro dan kecelakaan-kecelakaan kereta api lainnya selalu menjadi pelajaran untuk menuju masa depan yang lebih baik.



Apa kabar kereta yang terkapar di senin pagi

Di gerbongmu ratusan orang yang mati

Hancurkan mimpi bawa kisah

Air mataโ€ฆ air mataโ€ฆ


Belum usai peluit belum habis putaran roda

Aku dengar jerit dari Bintaro

Satu lagi catatan sejarah

Air mataโ€ฆ air mataโ€ฆ


Berdarahkan tuan yang duduk di belakang meja

Atau cukup hanya ucapkan belasungkawa aku bosan

Lalu terangkat semua beban dipundaknya


Semudah itukah luka-luka terobati

Nusantara, tangismu terdengar lagi

Nusantara, derita bila terhenti


Bilakahโ€ฆ bilakahโ€ฆ

Sembilan belas oktober tanah Jakarta berwarna merah Meninggalkan tanya yang tak terjawab

Bangkai kereta lemparkan amarah

Air mataโ€ฆ air mataโ€ฆ


Ooohโ€ฆ

Nusantara langitmu saksi kelabu

Nusantara terdengar lagi tangismu

Ho.. hoโ€ฆ hoโ€ฆ


Nusantara kau simpan kisah kereta

Nusantara kabarkan marah sang duka


Saudaraku pergilah dengan tenang

Sebab luka sudah tak lagi panjang


Lirik By : Iwan Fals 1910



~ THANK ~ YOU ~

Comments

  1. Saya ingat juga, saat itu masih SD. Tapi lom pernah nonton filmnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nontonlah bang Di youtube ada kok filmnya meski sudah agak buram..Haahaa..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Delete
    2. buram saangking lamanya ya, ha-ha

      Delete
    3. Iyaa betul mas.. Film sudah lama..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Delete
  2. halo mas satria, jumpa lagi kita, he-he

    apa kabar ?

    masih kenalkah dengan saya, wkwkckk

    ngomong-ngomong itu adalaah kejadian yang paling mengerikan sepanjang sejarah dan semoga tidak terulang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabar baik mas ...Masihlah..๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

      Betul mas pelajaran yang bisa kita petik hikmahnya terutama bagi pihak PJKA..๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Delete
  3. Woooh, serem banget yaa kecelakaannya sampe gitu.
    Btw, ini akun mas Satria mwb juga kah, atau bukan yaa ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  4. Kelalaian petugas, kalau acara2 di TV biasanya mengaitk2kannya dgn hantu ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…

    Ada kereta baru lagi kan di JKT, semoga yg baru ini aman, amin ๐Ÿคฒ

    ReplyDelete
  5. Aku jadi pengen cari informasi lengkapnya . 1987 aku masih TK, jadi ga terlalu ngikutin berita2 gempar begini. Yg aku inget banget tabrakan kereta api Bintaro Krn nabrak mobil Pertamina itu. Duuuh itu aja udah ngilu pas liat :(. Sedih banget.

    Ga kebayang kalo 2 kereta kecepatan tinggi gitu saling tabrak head to head :(. Apalagi kebayang nya kereta zaman dulu ga kayak skr, penumpang udh tertib ga ada yg gelantungan di atap. Dulu kan masih parah ya mas. Terlemparnya seperti apa itu kalo mereka di atas :(.

    ReplyDelete
    Replies

    1. Iya mbak sama aku juga masih SD kala itu.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š Yang dengan mobil tangki pertamina itu yang kedua dengan kereta comuterline. TKPnya sama persis dengan yang kejadian tahun 1987.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Pokoknya kejadiannya sangat menyeramkan meski saya sendiei tidak menyasikannya juga. Tetapi jika dibayangkan memang tetap seram dan tragis.๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

      Delete
  6. Aku ingat peristiwa itu soalnya pernah diceritakan oleh bapakku kang. Aku sih waktu itu di Tegal sementara bapak kerja di Jakarta dagang warteg. Lokasinya agak jauh sih dari warteg cuma karena penasaran bapak saya kesana, ngeri katanya, banyak potongan tubuh berserakan katanya, kalo darah jangan ditanya lagi.๐Ÿ˜ฑ

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara...

Pantun Tikar Rombeng & Celana Kolor

PANTUN TIKAR ROMBENG "Tikar rombeng ditambal dengan ketan Bau sedikit tapi berkesan Tak ada lain kupunya tujuan Kecuali mencari dikau seorang." "Tikar rombeng dibakar nyebar. Ambil sabuk buat bantalan. Telah kudengar kabar tersebar Ternyata dikau penggoda hatiku". PANTUN CELANA COLOR "Celana kolor masuk ke tungku hangat sebentar disangka nasi Kalau tak salah dugaanku engkau si cantik yang selalu ku rindu.'' "Celana kolor robek tengahnya Ditambal nasi masih terbuka jua Bagaimanapun kita hanya bisa berusaha Tapi tuhan tetap penentunya." ~ SEMOGA TERHIBUR ~

5 Permainan Anak 90,an Saat Bulan Puasa Dan Hari Lebaran

Anda yang pernah mengalami era 90,an tentunya pasti tahu akan sebuah permainan diawal atau akhir bulan puasa. Yaa memang sangat berbeda dengan era sekarang yang serbah canggih. Dan kalau boleh saya tahu yang merasa anak 90,an sebenarnya kangen nggak sama permainan yang sudah tertera diatas dan dibawah ini.? Atau mungkin anda sudah lupa, Atau pura-pura lupa..? ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Ok kalau begitu. Disini saya bukan ingin menanya lupa atau tidaknya dengan sebuah permainan jadul era 90,an. Tetapi sekedar ingin mengulas tentang permainan jadul anak 90,an kala menunggu saat berbuka puasa. Kalau anak sekarang bilang katanya Ngabuburit.? ๐Ÿ˜„ Sebenarnya apa bedanya sih permainan era 90,an dan sekarang, Kala menunggu waktu berbuka puasa. Yaa sudah barang tentu sangat berbeda. Meski ada beberapa yang masih kerap dipermainkan diera sekarang. Lalu apa saja permainannya berikut ulasan dibawah ini. 1. PETASAN & KEMBANG API Ilustrasi By : Poskota Yaa dari gambar pertama adalah...