Skip to main content

Li-Fi Teknologi Pengganti WI-FI



Hallo sobat blogger gimana nih masih pada semangat ngeblog? Atau udah pada ogah-ogahan.😁😁😂 Karena adsense sepi, yaa apapun itu kita harus tetap bersyukur, meski adsense sepi masih banyak rezeki yang lainnya iyaa nggak.😊

Ok kita langsung saja ketopik pembahasan tentang teknologi Lifi yang katanya nantinya akan menggatikan Wifi, Dan Menurut rumor yang beredar Lifi lebih hebat dan cepat ketimbang Wifi. Seperti apa berikut penjelasannya dibawah ini.👇

Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya?

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apa itu Li-Fi dan kelebihannya.


~ APA ITU LIFI ~


Light Fidelity (Li-Fi) merupakan teknologi jaringan nirkabel yang berfungsi sebagai media pengantar atau transfer data. Meski kegunaannya sama seperti Wi-Fi, namun Li-Fi jauh lebih canggih dan memiliki sejumlah keunggulan. Teknologi baru ini merupakan hasil percobaan yang dilakukan oleh University College dan Oxford University.

Teknologi Li-Fi sebenarnya sudah didemonstrasikan sejak tahun 2012. Li-Fi sudah berhasil diterapkan pada sepasang smartphone Casio di acara Consumer Electronics Show di Las Vegas pada waktu itu. Teknologi ini menghadirkan kecepatan berkali lipat lebih tinggi dari Wi-Fi. Li-Fi dirancang sebagai media transfer data berbasis cahaya secara nirkabel.

Berbeda dengan teknologi Wi-Fi yang melakukan transfer data menggunakan gelombang elektromagnetik pada frekuensi radio. Li-Fi mentransfer data memanfaatkan cahaya dari lampu LED. Teknologi Li-Fi dilengkapi dengan chip yang memodulasi cahaya untuk transmisi data optik.


~ BAGAIMANA CARA KERJANYA ~




Sebagaimana yang sudah disampaikan di atas, Li-Fi melakukan transfer data dengan memanfaatkan cahaya. Untuk dapat menjalankan Li-Fi, dibutuhkan dua sumber cahaya yang terpasang pada masing-masing perangkat.

Sumber cahaya yang bisa digunakan untuk Li-Fi adalah detektor foto (Light Sensor) dan LED. Saat cahaya LED nyala, maka cahaya sensor pada ujung perangkat lain akan menangkap dan mendeteksi sebagai biner 1. Jumlah cahaya yang terdapat di LED akan mengirimkan pesan yang ditangkap oleh detektor cahaya di perangkat lainnya.

Lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi Li-Fi akan memancarkan sinyal dengan memodulasi intensitas cahayanya yang mencapai kecepatan puluhan ribu variasi per detik. Transmisi pulsa cahaya terjadi di antara Titik Akses (pemancar), yang biasanya diletakkan di langit-langit guna memaksimalkan jangkauan berkas cahaya, dan Dongle (penerima) yang terhubung ke perangkat seperti smartphone, komputer, atau tablet.

Teknologi Li-Fi menjadi pengantar data yang lebih baik dibanding Wi-Fi karena transmisinya berjalan sangat cepat. Tingginya kecepatan transmisi Li-Fi disebabkan adanya LED yang merupakan semikonduktor dengan sifat berbeda dari jenis lampu lainnya. LED dapat berganti status menjadi nyala dan mati hanya dalam waktu beberapa nanodetik atau miliar detik. Apabila dikonversikan dalam kecepatan data, nanodetik sama atau setara dengan 1 Gbits/s, yang berarti 10 kali lipat lebih cepat dari Wi-Fi yang hanya mampu mentransfer data 100 Mbits/s.


~ KELEBIHAN LIFI KETIMBANG WIFI ~


Hadir sebagai inovasi teknologi jaringan nirkabel terbaru, Li-Fi menawarkan sejumlah kelebihan. Berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan jika nanti menggunakan Li-Fi.


~ LEBIH AMAN DARI PERETASAN ~


Teknologi Li-Fi disebut jauh lebih aman dari peretasan dibandingkan Wi-Fi. Proses transfer data pada LiFi tetap terbatas pada area yang ditentukan sehingga bisa menjaga data-data sensitif dan terhindar dari kejahatan siber.


~ KONEKTIVITAS LEBIH CEPAT ~


Li-Fi mampu melakukan transfer data dengan sangat cepat dengan kecepatan konektivitas mencapai 1 Gbps. Li-Fi memberikan konektivitas yang bersifat konsisten sehingga pengguna dapat mengakses dan memanfaatkan data secara lebih stabil.

Selain itu teknologi Li-Fi hadir tanpa polusi frekuensi radio sehingga tidak berdampak pada kesehatan. Nah. menarik bukan, jadi tinggal kita tunggu saja kapan Lifi akan segera hadir secara umum untuk digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia.



Sumber : VOI.id



~THANK~YOU~

Comments

  1. Semoga cepat terealisasi gan biar kita bisa merasakan internet super cepat dan adsense bisa naik.

    Jaman skrg per-blog-an semakin keras gan, kedua blogku hancur tak mau terindex samasekali, terindex sebentar trs hilang lagi, semuanya serba nol, visitor dan kata kunci, nol 😭

    Penyebab utamanya adalah internet yg lambat sehingga blog kita dianggap lambat dan dianggap buruk. 🤦‍♂️ Dan penyebab keduanya adalah Blogger sendiri yg terlalu banyak memasang kode yg melanggar aturan Google, termasuk kode iklan juga tdk sesuai aturan yg menambah berat.

    Jadi klo ada Li-Fi siapa tau semua aturan itu dicabut google 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Huu... Moga2 seperti itu?😊😊

      Bukan ente saja huu, para blogger juga ada banyak yang mengalami hal seperti itu. Kalau saran gue mah kalau buat postingan kalau bisa perdua minggu dua kali, atau sebulan 3 kali. meski terkadang nggak menjamin juga.🤣🤣🤣

      kalau internet lambat kemungkinannya kecil Huu... Nah kalau masalah iklan mending ikut aturan Google aja, Blogku yang satunya iklannya aku non aktifkan.

      Pastinya awal kehadiran Lifi akan Maahaaalll!! Murah pas udah 3 tahun kemudian.🤣🤣🤣🤣😂

      Delete
    2. Syukurlah kalau bukan cuma saya aja, jadi bisa tenang paling tdk ada yg senasib, wkwk..

      Kecepatan Lifi 10x lbh cepat kan dari Wifi, bisa jadi harganya juga 10x lipat lbh mahal, hehe, iya tunggu 3 thn kemudian aja 🤣

      Delete
    3. Hampir semua blogger blogspot sudah nyerah dengan adsense kang, mendingan jual gorengan saja.😁

      Delete
    4. Tul tuh kata kang Agus jual gorengan aja atau nggak gorengin janda.🤣🤣🤣

      Delete
    5. Kang Jaey pengin gorengin janda tapi jandanya Amanda 🤣

      Delete
    6. Hmm, gorengin janda itu yg ky gimana ya, maaf saya masih kecil blm paham 🤣

      Delete
    7. 🤣🤣🤣🤣🤣 Suueee!!

      Delete
    8. AdSense diblog saya dibatasi penayangannya, saya ngga ngerti cara ngebenerinnya ya udah saya nonaktifkan saja sekalian..hihihi.

      Post blog saya juga pada lenyap di pencarian google, entah salahnya di mana, saya tak tau..hiks

      Delete
    9. Indonesia kan sedang diserang hacker dari berbagai negara, sampai2 domain .id error parah termasuk aku yg pake my.id jg ikut kena, google jg yg pake co.id ikut kena imbasnya, kurasa gara2 itu semuanya jadi kacau 😅

      Delete
    10. Suhu Herman kalau dibatasi masih bisa nampilin 1 iklan saja.... rajin buat postingan aja ntar juga normal lagi..

      Delete
    11. Kemungkinan begitu Huu Jhaey. Urusan blog terkadang pihak google responnya lambat sekarang ini.

      Delete
    12. Dibatasi itu yg gimana huu, tadi aku lihat iklannya masih banyak yg muncul..

      Delete
    13. Ngga ngerti sayanya, pemberitahuan seperti ini, "penayangan iklan di situs anda dibatasi" alasannya di situs saya ditemukan banyak masalah pembatasan.

      Lho masih ada iklannya y,a, perasaan sudah saya nonaktifkan.

      Delete
    14. Tenang huu, masih muncul iklannya..

      Kemungkinan begini,
      si pembuat iklan memasang gambar kekerasan, sehingga iklan jenis kekerasan itu dibatasi alias tdk ditampilkan di blog kita.. mgkn begitu mksd si Adsen huu..

      Delete
    15. Betul, aku lihat masih ada iklannya, bahkan ada 3

      Delete
    16. Lebih dari tiga mas, setiap dua baris kalimat muncul iklan 🤣

      Delete
  2. Betul adsense tambah ancur kang, masa sebulan cuma dapat goceng.😂

    Sudah di demonstrasi kan sejak tahun 2012, harusnya sudah 11 tahun LiFi sudah beredar di pasaran smartphone ya, tapi aku belum lihat ada hp yang pakai fitur LiFi.

    Btw, WiFi 6 yang memakai jaringan 2,4 GHz kecepatannya malah sudah 5,9 Gbps kang, kalah tuh LiFi.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Goceng cuma dapat gorengan 3 biji doang yee..😁😁

      Belum ada memang kang di Hp... Kalau ada Hp pake Lifi harganya bisa 25 juta, takutnya nggak laku ntar. jadi masih harus nunggu 3 atau 5 tahun lagi.🤣🤣🤣

      Ntar kalau udah siap edar Lifi bisa lebih dari 10,9 Gbps kang. Jadi untuk sementara nunggu wifi bangkrut dulu baru Lifi hadir.🤣🤣🤣

      Delete
    2. Biarpun sampai 10 Gbps tapi kalo langganan paketnya Indihome 30 Mbps kayaknya mentoknya segitu doang.😂

      Delete
    3. Ntar Indihome diganti juga sama Indihots pasti wuuusss!!!2 woooww!!! 🤣🤣🤣

      Delete
  3. Kalau di Indonesia saya mah ngga yakin kecepatannya bisa sampai 1Gbps paling mentok 100Mbps itu juga udah cakep banget..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi lebih kurang yee Huu..🤣🤣🤣

      Delete
    2. Ya seperti itulah, seperti jaringan 5G, sampai sekarang saya ngga yakin udah ada jaringan 5G. Paling baru sampai 4G seperempat atau 4G setengah.

      Delete
    3. Kalau 5G ada cuma masih laaamaaaa Huuu!! paling banter 2026 atau 2027.😁😁

      Delete
    4. Ku kira sdh ada di Jakarta 🤦‍♂️

      Delete
    5. Ke Cikande saja kang.

      Di Cikande sudah ada jaringan 5G tapi pastikan hp nya sudah bisa jaringan 5G ya seperti Samsung A14 atau Redmi note 12.

      Jangan pakai Nokia E63 malah nanti ngga ada sinyal.🤦

      Jaringan 5G itu lebih mantap dari 4G, download game di Downstream ukuran 5 GB saja cuma 10 menit, kecepatan download bisa sampai 120 MB perdetik atau 1 Gbps walaupun stabilnya di 10 MB sampai 15 MB perdetik.

      Untuk nonton YouTube lancar poll, ngga ada buffering.

      Tapi bo'ong.😝

      🏃💨💨💨

      Delete
    6. Cikande mah bukan 5G lagi tapi udah 9G + B pula lagi..🤣🤣🤣

      Delete
  4. Mantap, Mas Satria. Ntar kita coba pakai. Tapi ditempat saya belum terdengar yang namanya Li-Fi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bu Haji...Betul bu Haji karena Lifi memang masih sekedar beritanya saja sama kaya jaringan 5G.😁😁

      Delete
  5. kelemahan LIFI, tidak bisa digunakan outdoor, misalnya internetan di depan rumah.... hanya cocok indoor yang ruangnya tertutup rapat.....
    Masih belum bisa digunakan untuk publik sampai kelemahan ini dipecahkan......

    Tapi, beberapa perusahaan sudah memakainya untuk indoor saja pada tahun 2022 lalu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu pak makanya Lifi boleh dikatakan belum menyeluruh atau bisa digunakan secara umum. Lain kalau diEropa mungkin.

      Makanya diIndonesia untuk saat ini masih Wifi yang jadi primadona sampai saat ini.😁😁

      Delete
    2. Sudah pernah ada rupanya di Amrik 🤦‍♂️

      Delete
    3. Betul Huu Rencananya katanya mau ke Kalimantan.😁😁😁

      Delete
    4. Selain di Amrik, Mgkn di Jakarta sdh ada juga huu, siapa tau mereka sembunyi2 pakenya, takut ada yg nebeng 😂

      Delete

  6. Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman :)

    ReplyDelete
  7. kalau sudah ada pengen nyobain ini

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Cerpen : Cermin Kematian

~CERPEN : Cermin~Kematian~ Malam semakin larut Manda masih berdiri didepan cermin besar yang ada dikamarnya, dadanya berdesir, Manda takjub melihat wajahnya sendiri di cermin. Serupa benar dengan wajah seorang putri, katanya dalam hati. Ya, kau memang cantik, Manda. Wajahnya tersipu mendengar pujian itu. Pipinya merona. Merah muda. Ia tersihir oleh bayangannya sendiri. Bayangan ketika ia masih berada pada masa empat puluh tahun lalu. Wajahnya cerah, berseri-seri. Setengah terpana melihat kecantikannya sendiri. Rambutnya panjang, berwarna hitam kecokelatan, berkilat, bergelung seolah ombak. Dahinya licin. Matanya bulat, berbinar-binar. Hitam pekat seperti langit malam. Dikedip-kedipkannya matanya, hingga ia perhatikan bulu matanya yang tebal dan lentik. Tebal serupa alisnya yang melengkung menaungi sepasang matanya yang indah itu. Diturutkannya telunjuknya, dari hulu hingga muara alisnya. Cantik sekali dirimu, Manda membatin. Ya, kau memang cantik, Manda. Hidungnya,

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara