Breaking

Sunday, 15 March 2020

Ingaat!!..Guyonan Berlebih Bisa Berdampak Katagori Berita Hoaxs



Sejak maraknya Virus Corona dinegara kita ini banyak kejadian-kejadian yang menyebabkan orang berspekulasi, Tak hanya itu saja harga maskerpun melojak naik, Dengan alasan langkah karena banyak orang yang membutuhkan secara serentak. Bahkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya pun bertebaran didunia maya serta medsos. Baik berita serius, Berita guyonan Hingga berita hoaxs yang semakin menjadi.

Nah dibawah ini saya akan mengulas tentang sebuah berita tetapi sebenarnya Guyonan, Dan menyikapi hal ini. Bahwa sekarang membuat berita Guyonan tak jauh berbeda dengan menyebar berita hoaxs. Berikut dibawah ini.

Kabar hoaks kerap dibungkus dengan berbagai macam bentuk, baik tulisan, foto, dan gambar. Bahkan konten yang bertujuan sebagai bahan lelucon pun bisa masuk kategori hoaks. Dalam artikel "Fake news. It’s complicated" yang dimuat situs firstdraftnews.org ada tujuh jenis disinfromasi dan misinformasi, salah satunya adalah satire atau parodi.

"Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran," kata situs tersebut.

Fakta pun pernah menelusuri kabar viral guyonan yang mengarah pada konten hoaks, dengan judul artikel "Cek Fakta: Setelah Corona Muncul Virus Zika? Itu Guyonan yang Tak Lucu". Kabar tersebut mengklaim ada virus baru yang lebih ganas dari Virus Corona, yaitu Virus Zika.

Berikut isi klaim tersebut.

"Hati2 dan waspadalah...!!Belum selesai persoalan Corona Virus...sekarang muncul lagi virus baru yaitu :" VIRUS ZIKA"Di sinyalir virus Zika lebih ganas daripada Corona Virus .Kepada dulur2 harap berhati-hati... benar2 jaga kesehatan...Virus Zika sudah Sampai Lampung, Jakarta , Bandung , Surabaya, Bali dan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.Hal ini bisa menjadi endemi yg meresahkan masyarakat.

Ciri2 penyakit ZIKA :- kepala terasa pusing cenut-cenut- mudah marah/emosi- demam, dan kluar kringet dingin- uring-uringan/gelisah.

Penyakit ZIKA cepat berkembang apabila:1.ZIKA ditagih hutang2.ZIKA ditagih kreditan3.ZIKA dompet kosong4.ZIKA tanggal tua5.ZIKA perut lapar.

Maka waspadalah......ZIKA tertular pada anda... Jangan terlalu serius dalam peristiwa hidup selamat membaca..."

Kesimpulan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dari klaim tersebut masuk dalam kategori disinformasi, sebab informasi yang disebarkan bisa mengecoh pembacanya, terutama mereka yang tak membacanya hingga akhir.

Artikel firstdraftnews.org juga menyebut:

"We certainly should worry about people (including journalists) unwittingly sharing misinformation, but far more concerning are the systematic disinformation campaigns. Previous attempts to influence public opinion relied on ‘one-to-many’ broadcast technologies but, social networks allow ‘atoms’ of propaganda to be directly targeted at users who are more likely to accept and share a particular message. Once they inadvertently share a misleading or fabricated article, image, video or meme, the next person who sees it in their social feed probably trusts the original poster, and goes on to share it themselves. These ‘atoms’ then rocket through the information ecosystem at high speed powered by trusted peer-to-peer networks.

This is far more worrying than fake news sites created by profit driven Macedonian teenagers."

Dalam artikel ini mengungkapkan, perang informasi menimbulkan kekhawatiran, artikel, gambar, video atau meme yang menyesatkan atau dibuat-buat, yang disebar kemudian dipercaya dan disebar kembali sangat berbahaya. Nah mulai hari ini bagi anda yang hobi berguyon kalau bisa jangan berlebih-lebihan, Terutama dimedsos atau sejenisnya.



By : Liputan6.com


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~

24 comments:

  1. Terima kasih atas informasinya om satria, tapi maaf itu bukan saya lho? Saya juga anti untuk bercanda berlebihan di media sosial apa lagi sama orang maya, sumpah bikin stok jantungan, kalau bercanda sama ponakan sih iya tapi itu di Instagram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok deh Tari sama2...Thanks juga atas waktunya.😊😊

      Delete
  2. Iya kang, kejadian seperti itu banyak terjadi dan mungkin akan semakin menjadi2. Dan pernah gara2 hal smcam itu dua negara hampir perang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kang mas Jaey, Eeh tapi cuma gara2 Rondo sebelah Juga Dua Negara bisa perang kok.🤣🤣🤣

      Delete
    2. Perang rebutan rondo kah 😆

      Delete
  3. Zika rebutan rongdo itu termasuk berita bohong atau tidak ya kang? 😱

    ReplyDelete
  4. Haha, saya baru aja dapat WA itu dari grup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul mas.Hoaxs cepat menjamur di WA..😊😊

      Delete
  5. Semoga teguran seperti itu pelakunya jadi jera.

    ReplyDelete
  6. Iyasih kadang serem kalau kita menerima informasi seperti itu, karena ketidaktahuan dan update yang minim bisa saja kita membagikan informasi tersebut ke media sosial atau komunitas.. Makanya harus sering update informasi agar tidak termakan hoax seperti itu..

    eh btw Wih tampilan webnya baru nih mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Andri....😊😊

      Ini blog satunya mas...Aku punya banyak blog...🤣🤣

      Delete
  7. saya setuju dengan ulasan dalam postingan ini, dalam kondisi tertentu beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab terkadang menyebarkan berita bohong dengan bentuk mem, anekdot, atau artikel argumentasi yang kalau dicermati ternayata hoax tetapi karena literasi masyarakat kita tergolong rendah makanya hayo aja, main shere aja, yang penting jadi orang pertama yang menyampaikan berita, entah mengapa, kok memberi kesan bangga gitu, tidak perduli HOAX atau ga, nah, mas Satria saya tangani salah satu organisasi soaial, kami punya grup wa, entah wa dari mana yang mengatakan si A meninggal gara - gara corona, padahal yang bersangkutan terkena serangan jantung, marahlah keluarga, akhirnya ribut. Ya begini, orang nda tanya dulu benar nda beritanya, main shere aja jadinya ancor kwkkw, makasih mas melalui artikel ini saya jadi bisa mengungkapkan kesal saya kwkwk, sukses mas ganteng, tetap jaga kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Martin..😊😊😊


      Begitulah negri ini mas...Banyak para pengeshare berita tetapi benar atau tidaknya tetap bangga. Aneh juga memang.😊😊

      Delete
    2. sepertinya ini masa literasi dan kesadaran diri hehehe, cakap mas ganetng @

      Delete
    3. Ok pak Guru sukses juga yaa buat hari2nya.😊😊🙏🙏

      Delete
  8. Etapi memang ada ya virus Zika :D
    Adaaa aja ya orang-orang bercanda :D

    Btw kalau virus baru, saya juga barusan baca tuh di China, muncul lagi, lebih mematikan, tapi untungnya penularannya nggak separah Corona ini.

    Semoga bumi kita segera bersih dan semuanya kembali seperti dulu, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mak Rey Zika bokek, Zika tanggal tua. Dan Zika2 hoaxs lainnya.😂😂😂


      Iyaa itu betul mak Rey Namanya Hantavirus. Tetapi penularannya nggak sadis kaya Corona.😊😊

      Amiinn mak Rey semoga Corona juga segera secepatnya berlalu.🙏🙏

      Delete
    2. wakakkakaa keknya zika yang itu lebih serem yeee..
      Sungguh mematikan banget tuh zika bokek di tanggal tua, apalagi tanggal tuwanya panjang :D

      Delete
  9. Iya, lucu memang endingnya. Hanya saja, emak emak kan bisa saja makin parnoid akibat bacanya sekelebatan saja. Maklum disambi goreng tempe :)

    ReplyDelete
  10. Inilah salah satu tugas blogger yaitu membuat jagat dunia maya kita lebih sejuk.

    ReplyDelete
  11. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete
  12. Bentul kali Tong Satria... kadang niatnya lucu-lucuan, cuma kalo buat yang lagi sakit jantung, bisa bahaya tuh tong.

    Btw, ini blognya yang laen yah.. ade berape tong, biar engkong bisa jalan-jalan kesana kemari neh..

    ReplyDelete

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG INI...SENYUM DONG JANGAN CEMBERUT GITU JELEK TAHUUU!!