Breaking

Monday, 23 December 2019

Yang Menarik & Bermanfaat Dari Senam Zumba



Anda ingin terlihat bugar dipergantian tahun nanti tentunya berbagai cara dilakukan dari mulai kesehatan hingga perawatan tubuh. Namun terkadang hal seperti itu terkadang banyak membutuhkan biaya. Nah jika anda mau, Atau anda hobi berolahraga mungkin senam bisa jadi solusi bagi anda. Meski senam jenisnya banyak tetapi senam yang saya maksud mungkin perlu anda coba.

NAMANYA SENAM ZUMBA

Senam ini ternyata banyak lho manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, Meski apapun bentuknya senam sudah pasti kalau teratur tentunya kita akan mendapatkan manfaat atau faedah dari senam itu sendiri.

Namun Senam Zumba menjadi olahraga yang populer selama beberapa tahun belakangan. Zumba adalah olahraga dengan gerakan-gerakan yang terinspirasi berbagai gaya tarian Amerika Latin. Dilakukan dengan musik, dansa, dan tepukan tangan, zumba menawarkan bentuk olahraga menarik yang tidak membosankan.

Zumba adalah bentuk latihan aerobik yang melatih seluruh tubuh dari atas ke bawah. Zumba menggerakkan banyak otot dan koordinasi tubuh yang baik. Musiknya yang ceria dan enerjik menjadikan zumba olahraga penuh ritme yang menyenangkan.

Senam zumba menjadi latihan yang populer dan tren di seluruh dunia. Tak hanya melatih tubuh untuk tetap enerjik, zumba menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kombinasi antara gerakan salsa dan aerobik membuat zumba menjadi cara menyenangkan untuk menggerakkan tubuh. Berikut manfaat zumba yang saya kutip dari Liputan6.com.


10 MANFAAT DARI SENAM ZUMBA



1. TURUNKAN BERAT BADAN

Sebuah studi kecil 2012 menemukan bahwa kelas Zumba standar 39 menit membakar rata-rata 9,5 kalori per menit. American Council on Exercise merekomendasikan bahwa individu membakar 300 kalori per latihan untuk mempromosikan penurunan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Bukti juga menunjukkan bahwa program Zumba 12 minggu dapat memberikan peningkatan signifikan dalam kebugaran aerobik.

2. BAKAR LEMAH TUBUH

Zumba bisa membakar kalori dan menurunkan banyak berat badan dalam jangka panjang. Zumba sangat bagus untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Ini karena senam ini secara teratur mengubah kecepatan dan irama, membuat tubuh berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dengan menghabiskan banyak energi.

Energi yang dikeluarkan ini berasal dari kalori dalam tubuh serta cadangan lemak tubuh. Rata-rata orang dapat membakar 600 hingga 1.000 kalori dalam satu jam tunggal kelas Zumba.

Jika tubuh tidak cukup kalori, energi akan mengambil cadangan lemak termasuk lemak di perut, paha, atau lengan. Ini membuat senam zumba bermanfaat untuk membakar lemak yang menumpuk dan mendukung metabolisme tubuh.

3. MEMBANGUN DAYA TAHAN TUBUH

Karena musik yang diputar selama kelas Zumba relatif cepat. Gerakan pindah ke irama satu dan lainnya dapat membantu membangun daya tahan setelah hanya beberapa latihan. Satu studi menemukan bahwa setelah 12 minggu program Zumba, peserta menunjukkan penurunan denyut jantung dan tekanan darah sistolik dengan peningkatan kinerjanya.

4. SEHATKAN SISTEM KARDIOVASKULAR

Menurut Journal of Sports Science and Medicine, dalam pedoman industri kebugaran yang diterima menunjukkan bahwa individu yang ingin meningkatkan kebugaran kardiovaskular mereka harus berolahraga antara:

- 64 dan 94 persen dari HRmax, ukuran detak jantung maksimum seorang atlet.

- 40 hingga 85 persen dari VO2 max, ukuran volume maksimum oksigen yang dapat digunakan seorang atlet.

Menurut penelitian yang sama, semua peserta sesi Zumba termasuk dalam pedoman HRmax dan VO2 max ini. Mereka berolahraga rata-rata 79 persen dari HRmax dan 66 persen dari VO2 max. Ini membuat Zumba menjadi latihan yang efisien dalam meningkatkan kapasitas aerobik, ukuran kebugaran kardiovaskular.

5. STABILKAN TEKANAN DARAH

Sebuah studi tahun 2016 yang melibatkan sekelompok wanita yang kelebihan berat badan menemukan bahwa setelah program kebugaran Zumba 12 minggu, para peserta mengalami penurunan tekanan darah dan peningkatan yang signifikan dalam berat badan. Studi 2015 lainnya menemukan penurunan tekanan darah pada peserta setelah total mengikuti 17 kali kelas Zumba.

6. MENINGKATKAN KELENTURAN TUBUH

Gerakan zumba membuat tubuh tetap fleksibel dan mempertahankan rentang gerak yang baik. Zumba melibatkan banyak gerakan, postur, dan posisi dansa yang berbeda. Semuanya mengharuskan anggota tubuh untuk bergerak. Ini membuat sendi tetap lentur. Sendi yang lentur mengurangi risiko cedera otot dan persendian.


7. MELATIH KORDINASI TUBUH

Zumba dapat membantu meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik. Zumba adalah jenis latihan yang menggabungkan tarian, jadi tubuh harus dapat mengoordinasikan semua bagian tubuh untuk melakukan gerakan berbeda tiap iramanya. Ini dapat melatih koordinasi paru-paru, jantung, tulang, dan otot tubuh. Koordinasi tubuh yang baik dapat menurunkan risiko cedera dan membuat tubuh tetap lincah bahkan di usia lanjut.

8. MENGUATKAN OTOT

Dirancang sebagai kombinasi salsa dan aerobik, zumba dapat menggerakkan seluruh tubuh dari atas ke bawah. Selama tubuh bergerak mengikuti irama musik, tubuh ikut serta dalam semua gerakan. Zumba melibatkan banyak gerakan lengan yang berbeda yang memperkuat otot-otot di lengan, bahu, dada, dan punggung atas.

Zumba juga melibatkan melibatkan inti untuk membangun otot perut yang lebih kuat. Memiliki otot inti yang kuat penting untuk mempertahankan postur tubuh yang sehat. Tarian zumba yang melibatkan kaki juga berfungsi untuk melatih betis, bokong, paha belakang, dan semua otot lainnya di kaki. Olahraga ini adalah cara yang baik untuk mengencangkan dan meningkatkan kekuatan otot.

9. MELATIH SOSIALISASI

Karena Zumba adalah kegiatan kelompok, Anda pada dasarnya akan disambut ke dalam situasi sosial setiap kali masuk kelas. Latihan berkelompok ini akan membuat pesertanya lebih aktif untuk bersosialisasi. Kelas Zumba mingguan adalah cara yang fantastis untuk bertemu orang-orang baru dan menjalin pertemanan.

10. TINGKATKAN KESEHATAN MENTAL

Bertemu orang-orang baru sangat penting, baik untuk kehidupan sosial dan kesehatan mental. Orang dapat menikmati kualitas hidup dan mental yang lebih baik dengan mengikuti kelas ini. Metabolisme yang baik juga mendukung peningkatan kesehatan mental.

Naah banyakkan manfaat dari senam Jumba untuk kesehatan tubuh kita yuukk dicoba.



Sumber : Liputan6.com

~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~


11 comments:

  1. Wah, ternyata adminnya suka senam zumba juga ya, soalnya banyak rongdo yang ikut senam. Semoga dapet bini lagi deh.😁

    ReplyDelete
  2. Semenit membakar 9,5 kalori, latihan 30 menit sehari selama setahun, 9,5 x 30 x setahun = ?? 🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahun yaa jadi Lasing.😂😂😂😂

      Delete
    2. Belum pasti lah, apalagi kalo sering diobok-obok adminnya, tambah ndut perutnya..🏃🏃

      Delete
  3. Aku juga suka senam, apalagi kalo yang ikut senam ibu-ibu muda yang cakep.😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nenek2 Muda mau ikut senam juga nggak mas.😂😂

      Delete
  4. 15 menit senam Zumbah emang berkeringat banget, jadi pas kalau mau turunkan BB.
    Tapi aku males banget, padahal anak suka ngajakin dan kasih rekoemndasi lagu2 keren buat ZUmbah Dance, hehehehe

    ReplyDelete
  5. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG INI...SENYUM DONG JANGAN CEMBERUT GITU JELEK TAHUUU!!