Skip to main content

Era 2021 Mendatang Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Untuk Ajang Mottogp




Bagi anda penggemar mottogp sudah tentu pernah berharap ajang mottogp akan berlaga di negara kita Indonesia ini. Dan sudah barang tentu ingin berjumpa dengan seorang pebalap dunia yang menjadi favorit anda, Atau fans. Meski pada era 90,an negara kita Indonesia juga pernah menggelar ajang mottogp disirkuit sentul jawa barat. Pada era itu Mick dohanlah yang menjadi perhatian dunia dan penggemar mottogp dimana pun berada.


Hingga akhirnya pada tahun 1997 negara kita tidak lagi mengadakan ajang mottogp dikarenakan krisis ekonomi yang melanda negara Indonesia. Meski begitu pada era 1997 pebalap muda Italia yang bernama Valentino Rossi pernah memenangkan ajang mottogp disirkuit sentul jawa barat pada kelas 125cc.

Dan tentunya anda mengenal dong siapa Valentino Rossi itu, Pebalap hebat yang mempunyai talenta luar biasa kala itu. Akhirnya namanya terus melejit setelah Mick Dohan pensiun dari mottogp.

Ngomong-ngomong soal mottogp akhirnya negara kita Indonesia siap mengadakan kembali ajang mottogp kelas dunia pada era 2021, Meski harus menunggu satu tahun lagi setidaknya bagi penggemar mottogp itu suatu moment yang sangat ditunggu-tunggu.

Bahkan pada tahun 2021 nanti ajang mottogp yang digelar di Indonesia mungkin tidak disirkuit Sentul Jawa Barat lagi, melainkan kita mempunyai sirkuit baru yang bernama sirkuit Mandalaika Lombok Nusa Tenggara barat. Seperti apa berikut ulasan dibawah ini.

CEO Dorna Sports SL, Carmelo Ezpeleta optimistis penyelenggaraan MotoGP 2021 yang nantinya diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diminati dan mendatangkan banyak penonton.

"Kita optimistis MotoGP Mandalika bakal diramaikan banyak penonton," ujar Carmelo Ezpeleta saat meninjau lokasi pembangunan sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Senin.

Carmelo mengatakan jumlah penggemar MotoGP di Indonesia salah satu yang terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, sehingga dirinya tidak ragu penyelenggaraan MotoGP tahun 2021 di sirkuit Mandalika akan dipenuhi banyak penonton.

"Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya pertama. Dan sirkuit ini akan menjadi ikon sirkuit jalan raya terindah di dunia," ucap Carmelo Ezpeleta.

Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer juga optimistis penyelenggaraan MotoGP di Mandalika akan mendatangkan banyak penonton, karena penggemar MotoGP di Indonesia cukup besar. Terlebih lagi, konsep pembangunan sirkuit Mandalika di bangun di kawasan wisata.

Ia mencontohkan di MotoGP Thailand, dimana pada tahun pertama MotoGP 2018, langsung ditonton 150 ribu orang. Kemudian di tahun 2019 mendatangkan 220 ribu orang. Padahal, jarak tempuh ke lokasi sirkuit dari Bangkok mencapai empat jam. Sementara, Mandalika bisa ditempuh hanya 30 menit penerbangan dari Bali.

"Kami sangat yakin akan lebih banyak dari Thailand. Dan, kita juga bisa bersaing dengan Thailand," tegas Abdulbar.





Abdulbar mengatakan untuk tahap awal konstruksi bangunan sirkuit dianggarkan Rp500 miliar, sedangkan biaya satu even MotoGP, pihaknya mengeluarkan 9 juta euro yang dibayarkan menjelang balapan. Sedangkan, pendapatan nanti bisa diperoleh dari tiket, cinderamata, dan pendapatan lain, seperti makanan dan minuman (kuliner).

"Kita yakin titik impas (BEP) tidak sampai lima tahun. Karena melihat animo penonton yang banyak, sehingga dari sisi bisnis ini sangat menjanjikan," ucapnya.

Selain bisnis, keuntungan lain yang nantinya diperoleh dari terselenggaranya MotoGP di Mandalika adalah munculnya pebalap-pebalap muda dari Indonesia. Karena Dorna Sports juga melakukan pembinaan terhadap talenta muda melalui Asian Talent Cup, seperti pada pebalap muda Indonesia, Dimas Ekky Pratama.

"Pembinaan mulai kelas paling bawah hingga MotoGP," imbuhnya.

Karena itu, kehadiran CEO Dorna, kata Abdulbar, memberikan keyakinan pembangunan sirkuit Mandalika akan dapat diselesaikan sesuai jadwal yang ditetapkan.

Sekda Kabupaten Lombok Tengah, HM Nursiah mengaku senang dengan kehadiran sirkuit di Mandalika, sebab ITDC akan merekrut 300 orang putra daerah sebagai staf teknis. Ia menggambarkan Nusa Dua di Bali yang luasnya hanya 350 hektare bisa menyumbang pendapatan daerah Rp900 miliar.


"Kalau Mandalika luasnya 1.200 hektare, diyakini Lombok Tengah bisa menerima tiga kali lipatnya manfaat yang didapat," katanya.

Dalam kunjungannya yang pertama setelah sirkuit Mandalika ditetapkan menjadi lokasi balap bergengsi MotoGP, Carmelo Ezpeleta, ditemani Sporting Direktur Dorna Carlos Ezpeleta, Direktur Utama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan, Sekda Kabupaten Lombok Tengah, HM Nursiah, Asisten II Setda Pemprov NTB, H. Ridwansyah.

Tak hanya meninjau lokasi, Carmelo Ezpeleta dan Carlos Ezpeleta juga menyempatkan diri mengelilingi lokasi sirkuit yang nantinya memiliki panjang lintasan 4,31 km dan berisikan 17 tikungan.

Sirkuit MotoGP Mandalika ditargetkan selesai pada 2020 untuk dipakai pada tahun 2021. Pembangunan sirkuit sudah sampai pada perataan lahan dan penggalian.



Sumber : Tempo.co


~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~


Comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMAH KASIH SUDAH MELUANGKAN WAKTUNYA KEBLOG YANG UHUUKK!! EEHEEEMMM!!


Popular posts from this blog

Cerpen : Cermin Kematian

~CERPEN : Cermin~Kematian~ Malam semakin larut Manda masih berdiri didepan cermin besar yang ada dikamarnya, dadanya berdesir, Manda takjub melihat wajahnya sendiri di cermin. Serupa benar dengan wajah seorang putri, katanya dalam hati. Ya, kau memang cantik, Manda. Wajahnya tersipu mendengar pujian itu. Pipinya merona. Merah muda. Ia tersihir oleh bayangannya sendiri. Bayangan ketika ia masih berada pada masa empat puluh tahun lalu. Wajahnya cerah, berseri-seri. Setengah terpana melihat kecantikannya sendiri. Rambutnya panjang, berwarna hitam kecokelatan, berkilat, bergelung seolah ombak. Dahinya licin. Matanya bulat, berbinar-binar. Hitam pekat seperti langit malam. Dikedip-kedipkannya matanya, hingga ia perhatikan bulu matanya yang tebal dan lentik. Tebal serupa alisnya yang melengkung menaungi sepasang matanya yang indah itu. Diturutkannya telunjuknya, dari hulu hingga muara alisnya. Cantik sekali dirimu, Manda membatin. Ya, kau memang cantik, Manda. Hidungnya,

Li-Fi Teknologi Pengganti WI-FI

Hallo sobat blogger gimana nih masih pada semangat ngeblog? Atau udah pada ogah-ogahan.😁😁😂 Karena adsense sepi, yaa apapun itu kita harus tetap bersyukur, meski adsense sepi masih banyak rezeki yang lainnya iyaa nggak.😊 Ok kita langsung saja ketopik pembahasan tentang teknologi Lifi yang katanya nantinya akan menggatikan Wifi, Dan Menurut rumor yang beredar Lifi lebih hebat dan cepat ketimbang Wifi. Seperti apa berikut penjelasannya dibawah ini.👇 Wi-Fi menjadi teknologi transfer data yang sudah familiar digunakan oleh banyak orang saat ini. Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang berjalan begitu cepat, kehadiran Wi-Fi bakal tergeser oleh Li-Fi. Apa itu Li-Fi dan bagaimana cara kerjanya? Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah Li-Fi. Li-Fi digadang-gadang sebagai teknologi baru jaringan nirkabel yang bakal menggantikan Wi-Fi. Teknologi ini kelebihan dan keunggulan dibandingkan dengan Wi-Fi sebagai media transfer data. Oleh karena itu, Anda pe

Telat Mencabut

Kesibukkan bekerja membuat Agus lupa akan kesehatan tubuhnya hingga akhirnya ia harus dilarikan kerumah sakit terdekat karena sakit. akibat kurang teratur makan. Tiga hari kemudian teman kerjanya yang bernama Khanif datang menjenguknya, dan kebetulan memang hari itu tepat waktunya untuk jam kunjungan membesuk pasien. "Sorry banget Gus baru hari ini gue bisa datang membesuk luh kerumah sakit"... Kata Khanif teman kerjanya. Berhubung Agus orangnya sabar dan pemaaf meski baru sembuh dari sakitnya ia mencoba tersenyum kepada Khanif... "Nggak masalah Nif, nggak usah dipikirin toh hari ini luh sudah bertemu gue". "Eehhhmm, anu Gus, gue juga minta maaf, karena membesuk luh nggak bisa membawa apa-apa, soalnya gue juga baru sembuh dari sakit gigi Gus". Agus kembali tersenyum... "Aah! luh nggak usah sungkan-sungkan Nif sama gue, luh datang gue juga udah senang". Suasana menjadi hening sejenak sampai akhirnya Khanif kembali berbicara